Cara Membuat Perpustakaan Pribadi di Rumah - TSABITMEDIA.COM
News Update
Loading...

Thursday, September 19, 2019

Cara Membuat Perpustakaan Pribadi di Rumah



Bagi anda yang gemar membaca, memiliki ruangan khusus untuk buku di rumah adalah impian yang diidam-idamkan. Bagaimana tidak, melihat setumpuk buku tertata rapi di rak khusus, tentunya akan menarik minat baca tersendiri bagi sebagian orang. Untuk membuat perpustakaan pribadi, beberapa orang beranggapan bahwa akan memakan banyak tempat, namun ada pula cara agar ruang atau rak kecil dapat disulap menjadi perpustakaan.
Keberadaan perpustakaan di rumah tentunya dapat menjadi motivasi agar ketertarikan membaca buku semakin bertambah. Terlebih, jika orang tersebut tidak terlalu menyukai membaca buku.  Untuk itu, akan dibahas beberapa tips dan cara agar di rumah mampu memiliki ruangan khusus untuk membaca.

Cara Menghadirkan Nuansa Perpustakaan di Rumah
1. Tentukan Lokasi Perpustakaan
Untuk membuat perpustakaan pribadi di rumah, ada baiknya untuk menntukan lokasi mana yang pas untuk dijadikan perpustakaan. Jika anda memiliki rumah yang terdapat banyak ruang kosong, anda dapat menyulap salah satu ruangan tersebut menjadi perpustakaan. Besarnya ruangan untuk menyimpan buku, bisa disesuaikan dengan jumlah koleksi buku yang anda miliki. Atau sediakan ruangan yang cukup lengang, untuk menambah koleksi buku di kemudian hari.
Namun, jika anda tidak memiliki cukup ruang, sebaiknya Anda memanfaatkan ruang yang tidak terpakai, seperti di bawah tangga ataupun loteng. Dengan penataan yang apik, tentunya ruang tak terpakai tersebut dapat dipergunakan untuk mendirikan perpustakaan. Selain itu, anda juga bisa menggabungkan perpustakaan dengan ruangan yang sudah ada, seperti di ruang kerja, ruang keluarga atapun kamar tidur.

2. Pilih Rak Buku yang Sesuai
Pemilihan rak buku dalam membuat perpustakaan pribadi di rumah, haruslah dipikir secara matang. Pasalnya pemilihan rak yang salah akan membuat perpustakaan tidak menarik dan nantinya tidak akan dilirik. Pilihlah rak buku yang terbuka dan kuat yang nantinya akan menonjolkan sisi- sisi dari koleksi buku anda. Seperti rak pada perpustakaan umum atau perpustakaan sekolah yang tentunya akan memudahkan anda dalam mengambil buku.

3. Kekuaan Lantai Dalam Menopang Koleksi Buku
Hal yang diperhatikan selanjutnya adalah tentang pemilihan lantai untuk mendirikan perpustakan. Idealnya, jika anda memiliki rumah bertingkat, baiknya perpustakaan diletakkan di lantai dasar. Hal itu dilakukan untuk mencegah kerusakan dan keretakan pada lantai. Karena buku memiliki bobot yang berat, oleh karena itu penempatan rak harus disesuaikan dengan kekuatan lantai.

4. Pemilihan Ventilasi Untuk Perpustakaan
Pastikan untuk memiliki ventilasi yang cukup terang di siang hari bagi ruang perpustakaan. Hal itu dikarenakan, perpustakaan adalah ruangan untuk membaca, maka cahaya yang dihasilkan juga harus cukup agar tidak merusak mata. Letakkan pula lampu-lampu belajar untuk mempercantik desain perpustakaan anda. Lampu tersebut dapat dinyalakan ketika malam hari, untuk menambah penerangan jika anda berkunjung ke perpustakaan di waktu malam.

5. Koleksi Buku
Hal terakhir yang sangat penting untuk membuat perpustakaan pribadi di rumah adalah koleksi buku yang anda miliki. Buku merupakan peran yang sangat penting dalam mendirikan perpustakaan. Jika anda memiliki koleksi buku yang beragam, anda bisa mengelompokkan buku tersebut berdasarkan kategori buku tersebut, agar nantinya lebih mudah dalam mencarinya. Dengan adanya perpustakaan, anda juga akan mengetahui seberapa banyak koleksi buku yang dimiliki.
Beberapa cara mudah tersebut dapat dilakukan untuk memiliki perpustakaan sendiri di rumah. Cara membuatnya pun terbilang cukup mudah dan pastinya bisa anda terapkan suatu saat. Tentunya, dengan adanya perpustakaan dapat menambah wawasan dan minat baca yang saat ini mulai berkurang, apalagi di kalangan anak muda. Dengan memiliki perpustakaan pribadi, otomatis anda sudah berpartisipasi untuk mencerdaskan anak bangsa.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification


لَئِن شَكَرْتُمْ لأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

"Jika kalian bersyukur niscaya Allah akan menambah nikmat pada kalian, dan jika kalian mengingkari nikmat Allah, maka pasti azab Allah sangat pedih

(QS. Ibrahim Ayat 7)

Done