Beasiswa S1 Taif University, Kerajaan Saudi Arabia (KSA) 2019 - TSABITMEDIA.COM
News Update
Loading...

Wednesday, September 18, 2019

Beasiswa S1 Taif University, Kerajaan Saudi Arabia (KSA) 2019


Jika anda berminat untuk melanjutkan kuliah di Saudi Arabia, baiknya kalian mulai mempersiapkannya sejak sekarang. Pasalnya program beasiswa S1 Taif University tahun 2019 telah membuka kembali pendaftaran untuk seluruh mahasiswa asing atau non Saudi dari seluruh dunia. Pendaftaran tersebut mulai dilaksanakan sejak hari Selasa, 11 Muharrram 1441 H atau 10 September 2019 dan berakhir pada Sabtu 22 Muharram 1441 H atau 21 September 2019. Pendaftaran ini dibuka untuk tahun ajaran 1441-1442 Hijriyah.

Berikut kutipan tweet akun resmi Jaami'ah Thoif



Persyaratan yang Harus Dipenuhi Saat Mendaftar Beasiswa

1. Syarat Penerimaan Beasiswa Luar Negeri
Bagi anda yang ingin mendaftar beasiswa di Taif University, baiknya persiapkan syarat-syarat kelengkapan untuk mengikutinya. Syarat ini berlaku untuk calon pendaftar dari luar negeri atau Non-Saudi. Berikut syarat pendaftarannya,
  1. Calon mahasiswa memiliki atau memegang ijazah SMA/MA/Sederajat yang telah diterjemahkan resmi ke bahasa Arab jika yang asli tidak berbahasa Arab.
  2. Mendapatkan izin persetujuan dari negara asal bahwa calon mahasiswa akan menempuh pendidikan di Kerajaan Arab Saudi. Bila nantinya diterima, calon mahasiswa yang mengikuti beasiswa S1 Taif University harus berhasil mendapatkan tazkiyah atau surat rekomendasi dari Kemendikbud pada saat proses pemberkasan visa. Dokumen ini dapat menyusul nantinya.
  3. Calon mahasiswa sedang tidak mendapatkan beasiswa lain dari Kerajaan Arab Saudi.
  4. Pendaftar beasiswa diharuskan memiliki paspor yang masih aktif atau berlaku dalam jangka waktu tidak kurang dari satu tahun.
  5. Calon mahasiswa yang mendaftar berusia minimal 17 tahun dan tidak lebih dari 25 tahun.
  6. Calon mahasiswa secara medis dinyatakan dalam keadaan sehat.
  7. Jika pendaftar beasiswa S1 Taif University yang nantinya diterima, maka diharuskan untuk melegalisir terjemahan ijazah dengan cap legalisir kedutaan Saudi saat proses pemberkasan visa. Dokumen tersebut nantinya akan ditunjukkan saat proses daftar ulang di Jami’ah Taif.
  8. Menunjukkan surat keterangan catatan kepolisian atau SKCK yang menyatakan bebas dari tindakan kriminal. Dokumen ini cukup dengan menunjukkan keterangan bahwa akan melanjutkan pendidikan. Tidak harus terlalu spesifik seperti kuliah di arab Saudi atau Universitas Taif agar tidak dipersulit saat proses pembuatan.
  9. Menyertakan dua buah surat rekomendasi dari pihak yang dikenal di negara asalnya.
  10. Calon mahasiswa tidak pernah mengalami drop out atau dikeluarkan dari lembaga pendidikan di Saudi Arabia.
  11. Calon mahasiswa diharuskan untuk lulus tes kesehatan yang diadakan ulang setibanya di Saudi.

2. Hal yang Perlu Diperhatikan Perihal Penerimaan Beasiswa
Ada hal –hal yang perlu diperhatikan pada saat proses pendaftaran beasiswa hingga penerimaan mahasiswa. Hal tersebut antara lain,
  1. Calon mahasiswa yang mengikuti program beasiswa, diharuskan untuk menjaga nomor pendaftaran, email dan nomor handphone yang didaftarkan. Dikarenakan hal tersebut akan menjadi media komunikasi antara Kantor Beasiswa dan Pendaftar jika nantinya diterima.
  2. Bagi mahasiswa yang diterima, akan diberlakukan aturan – aturan mengenai tinggal di kerajaan Saudi Arabia serta aturan yang terdapat pada papan pengumuman kampus.
  3. Calon pendaftar yang dokumennya tidak memenuhi syarat, otomatis akan gugur atau tereliminasi.
  4. Data yang diisi oleh pendaftar tidak akan dipercayai apabila tidak mengunggahnya
  5. Diminta untuk menerjemahkan seluruh dokumen yang tidak berbahasa Arab
  6. Jika calon mahasiswa yang mendaftar beasiswa S1 Taif University telah menyelesaikan seluruh berkas online, hal itu tidak menjamin pendaftar akan diterima.
  7. Jika calon mahasiswa telah diterima, maka mahasiswa tersebut tidak dapat pindah ke kampus lain.
  8. Pihak universitas berhak untuk menentukan fakultas dan jurusan bagi mahasiswa agar bisa terbagi dengan rata. Selain itu, universitas juga akan mempertimbangkan keinginan dari mahasiswa jika hal tersebut memungkinkan.
Dokumen-Dokumen Yang Perlu Diupload Saat Pendaftaran Online
1. Ijazah SMA/Sederajat dan Transkrip nilai (dijadikan 1 file)
2. Paspor, 2 Rekomendasi, dan SKCK (dijadikan 1 file)

Website Pendaftaran
http://edugate.tu.edu.sa/tu/ui/guest/bachelors_application/index/mainBachelorsApplicationIndex.faces


Itulah beberapa ketentuan-ketentuan yang perlu diperhatikan jika anda ingin melanjutkan kuliah di Taif University. Ada baiknya, jika kalian berminat untuk melanjutkan kuliah di Saudi Arabia tahun ini, segera lengkapi berkas dan persyaratan tersebut. Namun, jika anda, masih ingin melanjutkan studi di tahun berikutya, tidak ada salahnya untuk mengetahui dan mempersiapkan pemberkasan sejak awal.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification


لَئِن شَكَرْتُمْ لأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

"Jika kalian bersyukur niscaya Allah akan menambah nikmat pada kalian, dan jika kalian mengingkari nikmat Allah, maka pasti azab Allah sangat pedih

(QS. Ibrahim Ayat 7)

Done