4 Manfaat Belajar Bahasa Arab Sejak Dini - TSABITMEDIA.COM
News Update
Loading...

Sunday, September 15, 2019

4 Manfaat Belajar Bahasa Arab Sejak Dini



“Belajarlah bahasa Arab karena termasuk bagian dari agamamu”, begitulah kira-kira kutipan yang pernah dikatakan oleh Ali Bin abi Thalib. Dengan mempelajarinya sejak dini, banyak sekali manfaat belajar Bahasa Arab yang bisa didapatkan. Terlebih lagi bagi kaum Muslim, belajar bahasa ini tentunya terasa sangat istimewa dibandingkan bahasa lain. Karena, bahasa ini adalah bahasa yang dipilih oleh Allah untuk menyampaikan firmanNya.
Bahasa Arab juga merupakan salah satu bahasa yang unik. Keunikannya terlihat dari cara mempelajarinya. Ada beberapa disiplin ilmu yang memiliki perbedaan yang signifikan untuk belajar bahasa ini. Seperti Ilmu Nahwu yang berupa ilmu dasar dari tata bahasa. Kemudian Ilmu Shorof yang lebih menekankan pada fungsi dan istilah-istilah mendasar. Serta Balaghah yang merupakan ilmu yang cenderung mempelajari sastra Arab.

4 Kelebihan Dalam Mempelajari Bahasa Arab
  1. Merupakan Bahasa Al-Quran
Al-Quran merupakan kitab suci bagi pemeluk agama Islam. Untuk itu, manfaat utama mempelajari bahasa Arab dikarenakan bahasa ini merupakan bahasa untuk membaca Al-Quran. Ayat-ayat yang terkandung di dalam al-Quran, tentunya  bertuliskan dengan huruf arab. Oleh sebab itu, dengan mempelajarinya sejak dini, Anda akan mengerti pembacaan, pelafalan serta pengucapan ayatnya dengan benar. Anda juga bisa memahami Al-Quran dengan baik dan benar dari segi nahwu, shorof ataupun dari segi balaghnya.
  1. Merupakan Bahasa Untuk Mempelajari Ilmu Tentang Keislaman
Selain berguna untuk membaca Al-Quran, manfaat belajar bahasa Arab sejak dini tentunya agar Anda bisa mempelajari dan menggali ilmu pengetahuan, khususnya tentang ilmu keislaman. Karena pada awalnya agama Islam memang muncul di negara Arab, jadi mayoritas ilmu-ilmu Islam pun juga berbahasa Arab. Seperti, Ilmu Fikih dan hadits serta ilmu – ilmu yang lain.
  1. Merupakan Bahasa Untuk Menjalankan Aktivitas Keagamaan
Jika Anda merupakan pemeluk agama Islam, manfaat belajar bahasa Arab pastinya memiliki kelebihan tesendiri. Hal tersebut disebabkan karena bahasa ini adalah bahasa untuk praktek dalam menjalankan aktivitas keagamaan, seperti sholat. Bacaan-bacaan yang diucapkan ketika sholat dan juga doa-doa yang dipanjatkan setelah sholat yang diucapkan dengan berbahasa Arab.Oleh sebab itu, dengan mempelajarinya sejak dini, Anda jadi terbiasa untuk melafalkan doa , surat dan juga niat dalam melakukan ibadah keagamaan.
  1. Merupakan Bahasa Kebudayaan dan Peradaban Islam
Manfaat belajar bahasa Arab yang terakhir adalah karena bahasa ini memiliki peran yang besar terhadap kemajuan peradaban Islam. Sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad Saw yang dikatakan oleh Hakim dan Baihaki dari Jabir, mengatakan bahwa “Nabi Ismail benar-benar diberi ilham dengan lisan ini (bahasa Arab)”. Berdasarkan hadist tersebut, telah terbukti bahwa bahasa ini telah berperan besar dalam peradaban Islam. Hal tersebut juga dipertegas dengan adanya hadist lain yang menyebut bahwa orang yang berbicara bahasa ini untuk pertama kali adalah Nabi Ismail.

Selain itu, dengan mayoritas penduduk negara yang menganut Islam, bahasa ini pun telah menjadi bahasa resmi dari negara tersebut. Ada sekitar kurang lebih 20 negara yang menggunakan bahasa ini menjadi bahasa sehari-hari, seperti Arab Saudi, Irak, Al-Jazair, Palestina dan juga Mesir. Bahasa ini pun telah menjad bahasa resmi PBB bersama dengan 5 bahasa resmi lainnya yakni Bahasa Inggris, Tionghoa, Perancis, Rusia dan Mesir.
Mempelajari bahasa Arab baiknya harus diajarkan sejak dini. Hal tersebut,  bertujuan agar minat pelajar terhadap bahasa ini pun bisa lebih meningkat. Seperti halnya dengan mempelajari Bahasa Inggris, banyak pelajar kecenderungan memiliki minat yang tinggi terhadap bahasa Inggris karena memang telah diajarkan sejak kecil.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification


لَئِن شَكَرْتُمْ لأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

"Jika kalian bersyukur niscaya Allah akan menambah nikmat pada kalian, dan jika kalian mengingkari nikmat Allah, maka pasti azab Allah sangat pedih

(QS. Ibrahim Ayat 7)

Done