3 Kamus Bahasa Arab Terbaik dan Terlengkap - TSABITMEDIA.COM
News Update
Loading...

Friday, September 20, 2019

3 Kamus Bahasa Arab Terbaik dan Terlengkap


Kamus adalah alat bantu yang ditujukan untuk membantu ada dalam memahami makna dari sebuah kata yang belum anda ketahui. Jika anda mempelajari bahasa baru, tentu anda membutuhkan bantuan dalam memahami kosakata baru, terutama saat mempelajari bahasa arab. Bahasa Arab sendiri dikenal sebagai salah satu bahasa yang susah untuk dipelajari. Berikut kamus bahasa arab terbaik dan terlengkap yang harus anda miliki.

Kamus Terjemahan Bahasa Arab Populer

1. Kamus Al-Munawwir Arab karya KH. A. W. Munawwir


Kamus ini merupakan salah satu kamus populer lainnya yang sering digunakan oleh para pelajar, khususnya bagi anda yang ingin mengetahui dan mendalami bahasa arab. Kamus ini diklaim sebagai kamus lengkap yang berisi tentang penjelasan kata kata dan diartikan dalam bahasa Indonesia, sehingga sesuai dengan perubahan pada tiap kata dalam bahasa Arab. Tidak mengherankan bila kamus ini menjadi kamus pilihan bagi pelajar.
Kamus bahasa Arab ini memiliki kekurangan, yaitu ukurannya yang tergolong besar dan memiliki kurang lebih 1.600 an halaman, yang membuatnya tidak praktis untuk dibawa kemanapun. Namun, kamus ini merupakan versi lengkap daripada kamus lainnya. Harga yang ditawarkan lumayan tinggi, yaitu berkisar anatara Rp. 125.000 hingga Rp. 160.000. namun kamus ini sudah tersedia dalam bentuk digital untuk mempermudah penggunaan.

2. Kamus Arab – Indonesia karya Prof. H. Mahmud Yunus


Kamus ini juga disebut sebagai “kamus dwi bahasa” yang terdiri dari ribuan kosakata, baik kosakata yang digunakan sehari hari maupun kosakata modern. Kamus ini  dilengkapi dengan indeks huruf yang terletak pada tepian buku, sehingga kamus ini mudah dan praktis untuk digunakan. Kamus ini memiliki kelebihan mudah dibawa kemana mana karena memiiki ukuran yang ideal untuk sebuah kamus besar.
Untuk mendapatan kamus bahasa Arab karya Prof. H. Mahmud Yunus, anda dapat membelinya di toko buku terdekat . bahkan kamus ini telah dijual online dengan harga yang bervariasi, yaitu mulai dari Rp. 63.000 hingga Rp. 70.000. untuk ukuran kamus besar  yang memiliki 500 halaman, harga kamus ini dirasa cukup terjangkau. Kamus ini telah banyak digunakan oleh para pelajar bahasa Arab, terutama para santri di Indonesia.

3. Kamus Arab – Indonesia Al-Azhar karya S. Askar



Kamus ini disebut layak untuk dinobatkan sebagai kamus yang paling representatif, karena kamus ini sangat lengkap daripada versi kamus lainnya. Kamus bahasa ini dikemas dengan baik karna terdapat penandaan khusus pada setiap entri, dimana entri tersebut akan merujuk pada kata tertentu. bahkan pada kamus ini, terdapat kata arab yang memiliki makna ganda hanya ditulis sekali saja.
Jika dilihat dari kelebihannya, kamus bahasa Arab ini dapat dikatakan lebih murah dibandingkan dengan kelengkapan, ketebalan, dan terutama kualitas cetakan yang sangat rapi dan proporsional. Kamus ini dianggap sebagai kamus paling estetik jika dibandingkan dengan kamus yang pernah dibuat. Kamus ini dilengkapi dengan ratusan kata mutiara yang sangat bijak dan bestari. Kamus ini dibandrol dengan harga sekitar Rp. 150.000 hingga Rp. 175.000.
Bagi anda yang ingin mempelajari bahasa arab, memiliki kamus adalah kebutuhan utama.  Bahkan dapat dikatakan bahwa, kosakata yang jarang ditemukan dapat dipelajari di dalam kamus. Bagi para sarjana yang sedang mempelajari bahasa arab, akan terbantu dengan kehadiran kamus tersebut. Selain untuk mempermudah anda dalam mempelajari bahasa Arab, kamus dapat menyimpan kekayaan bahasa pada sebuah bangsa.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification


لَئِن شَكَرْتُمْ لأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

"Jika kalian bersyukur niscaya Allah akan menambah nikmat pada kalian, dan jika kalian mengingkari nikmat Allah, maka pasti azab Allah sangat pedih

(QS. Ibrahim Ayat 7)

Done