Thursday, June 7, 2018

author photo

Penggunaan Huruf Tafsir

 Apa yang Anda bayangkan tentang huruf tafsir Huruf Tafsir
Shorofmudah.blogspot.com
Assalamu'alaikum wr.
Huruf Tafsir - Apa yang Anda bayangkan tentang huruf tafsir?, mungkin huruf tafsir masih terdengar asing dalam telinga Anda, yang terbayang justru tafsir Jalalain, tafsir Ibnu Katsir, tafsir al-Maraghiy dan lain-lain.. hehe
Nah, postingan nahwu-shorof mudah ini membahas huruf tafsir dengan praktis dari sumber yang mungkin sudah Anda ketahui, yaitu: Kitab jaami'ud duruus al-'aroobiyyah
Seperti yang biasa kita dengar, bahwa istilah tafsir artinya adalah menjelaskan sesuatu yang masih samar atau bahkan tidak jelas. Demikian halnya dengan huruf tafsir ini.
Jadi, huruf tafsir ini berfungsi untuk menjelaskan sesuatu yang masih samar/tidak jelas. Dalam kitab tersebut hanya ada dua macam huruf tafsir, yaitu:

1. أيْ

Fungsi huruf tafsir ini adalah untuk menjelaskan makna dari satu kata atau mufrodat dan juga menafsirkan satu kalimat lengkap. Dalam menjelaskan mufrodat, biasanya dengan menyebutkan sinonim atau persamaan kata dari kata yang akan dijelaskan.
Contoh yang menjelaskan mufrodat/kata:
رَأَيْتُ لَيْثًا أيْ أَسَدًا
"Saya melihat لَيْث yakni أَسَدٌ (singa)"
Dari contoh tersebut ada kata لَيْث yang memang kita pun jarang mendengarnya, maka karena asingnya kata tersebut, dijelaskanlah dengan kata أسَد. Jadi kata لَيْث itu sinonimnya adalah kata أسد yang dijelaskan dengan huruf أي yang berarti 'yakni/yaitu' atau yang lainnya yang biasa digunakan untuk menjelaskan dalam Bahasa Indonesia
Contoh yang menjelaskan satu kalimat:
وَترْمِينَنَي بالطَّرْفِ أيْ أنتَ مُذنِبُ
"dan engkau menuduhku berdosa?, maksudnya: engkaulah yang berdosa"
Yang dijelaskan oleh kalimat أَنْتَ مُذْنِبٌ adalah تَرْمِيْنَنِي بِالطَّرْفِ yang merupakan kalimat sempurna. Namun maksud dari kalimat tersebut tidak bisa difahami kecuali setelah disebutkan tafsir kalimat tersebut, yakni dengan kalimat yang ada setelah huruf أَيْ. 

2. أَنْ

Huruf tafsir selanjutnya adalah أَنْ yang khusus menjelaskan kalimat, gambarannya adalah huruf أنْ ini terletak di antara dua kalimat. Seperti Firman Allah SWT dalam surat al-Mu'minun: 27:
فأوحينا إليه، أَنِ اصْنَعِ الفُلكَ
"Lalu kami wahyukan padanya (Nuh), yakni: buatlah perahu!"
Kalimat اِصْنَعِ الْفُلْكَ itu menjelaskan kalimat sebelumnya yakni فَأَوْحَيْنَا إلَيْهِ. Yang mana, kalimat اصْنَعِ الْفُلْكَ itu merupakan bagian yang diwahyukan oleh Allah kepada nabi Nuh. 
Kesimpulan dari pembahasan kita kali ini adalah bahwa huruf tafsir itu digunakan untuk menjelaskan kata atau kalimat. yang digunakan untuk kata dan kalimat adalah أَيْ sedangkan yang hanya digunakan untuk menjelaskan kalimat adalah أَنْ

Demikianlah pembahasan tentang huruf tafsir yang sangat singkat dan praktis ini. Semoga menambah wawasan kita semua.
Terima kasih dan mohon ma'af

Wassalamu'alaikum wr.

Terdapat 0 comments


Silahkan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post