Monday, June 11, 2018

author photo

TRIK MUDAH MENGUASAI FI'IL MU'TAL FA


Assalamu'alaikum wr. wb. 
Bagaimana kabar pembaca hari ini?, Saya doakan semoga sehat selalu dan diliputi curahan rahmat dan ampunan Allan SWT
 Saya doakan semoga sehat selalu dan diliputi curahan rahmat dan ampunan Allan SWT 5 Cara Termudah Menguasai Bina Mitsal (Mu'tal Fa) | Shorof Praktis
Shorof Praktis Mu'tal Fa',- Sebagaimana dijelaskan dalam mengetahui fi'il mu'tal, bahwa Mu'tal fa' disebut juga bina mitsal karena huruf illat menerima harkat sebagaimana fiil-fiil shohih, padahal, pada prinsipnya, huruf 'illat itu tidak boleh menerima harkat.
Pada tulisan kali ini, saya akan mencoba membahas trik mudah menguasai fiil mu'tal fa. Semoga para pembaca menjadi lebih mudah untuk men-tashrif fiil-fiil jenis ini tanpa bersusah payah menghafal tashrifan semua fiil satu persatu. Umpamanya, ketika fiil وَعَدَ dimasukkan pada wazan-wazan yang lain, baik dari tsulatsi mujarrod itu sendiri ataupun kepada tsulatsi maziid, dapat men-tashrif-nya dengan mudah.
Oke, kita langsung saja...

Trik Fi'il Bina Mitsal (Mu'tall Fa)

Sebelumnya, mohon maaf jika trik ini tidak mewakili semua yang berkaitan tentang mu'tall fa, karena ini adalah pendapat saya sendiri sebagai kesimpulan dari kitab yang saya baca. Untuk perbandingannya, pembaca bisa merujuk langsung pada kitab al-Kailaniy. 
Adapun trik-trik yang menurut saya sangat mudah untuk menguasai fiil mu'tall fa adalah sebagai berikut:
1. Huruf 'illatو hilang ketika masuk pada fiil mudlore berwazan يَفْعِلُ, baik فَعَلَ يَفْعِلُ ataupun فَعِلَ يَفْعِلُ dan mashdar yang berwazan فِعْلَةً. Seperti:  وَعَدَ يَعِدُ عِدَةً dan وَمِقَ يَمِقُ مِقَةً. Asalnya: يَوْعِدُ وِعْدَةً dan يَوْمِقُ وِمْقَةً. Adapun fiil-fiil: يَضَعُ،يَطَأُ،يَسَعُ،يَذَرُ،يَقَعُ dan يَدَعُ itu hukumnya syadz (menyalahi kaidah). 
PERLU DIINGAT! Wawu hanya hilang jika wawu itu masuk pada wazan يَفْعِلُ (termasuk kata yang pengambilannya dari fiil mudlore seperti fiil amar dan fiil nahyi) dan mashdar فِعْلَةً. Selain itu tidak dibuang. Seperti: مَوْعَدٌ. Termasuk juga jika fiil mudlore tersebut dirubah menjadi fiil mabniy lil majhul (bentuk pasif), maka wawu tidak hilang. Seperti: يُوْلَدُ (dilahirkan)
2. Selain itu, wawu-nya tidak dibuang. Seperti وَجِلَ يَوْجَلُ (wazan فَعِلَ يَفْعَلُ) dan وَجُهَ يَوْجُهُ (wazan فَعُلَ يَفْعُلُ)
3. Huruf 'illat wawu tak ada yang masuk pada wazan فَعَلَ يَفْعُلُ. Sedangkan huruf 'illat ya, selain wazan tersebut, ditambah dengan wazan فَعِلَ يَفْعِلُ
4. Isim zaman dan isim makan mu'tal fa' wawu masuk pada wazan  مَفْعِلٌ. Contoh: مَوْضِعٌ. 
5. Huruf 'illat ي, ditetapkan di semua wazan. Seperti: يَسَرَ يَيْسِرُ
Saya ingatkan kembali, bahwa huruf 'illat sangat fleksibel dan berubah-rubah, apalagi jika harkat sebelumnya sangat tidak 'ideal' dengan huruf 'illat itu sendiri (wawu setelah kasrah dan ya setelah dlommah). Adapun jika huruf 'illat terletak setelah fathah, untuk mu'tall fa, tidak dirubah menjadi alif. Jadi, jika kata يَوْجَلُ ingin dirubah menjadi fiil amar, wawu harus dirubah menjadi ya. Prosesnya: يَوْجَلُ menjadi يَوْجَلْ lalu وْجَلْ lalu اِوْجَل lalu اِيْجَلْ. Tapi jika ada huruf berharkat dlommah sebelum hamzah washol, seperti يَا زَيْدُ ايْجَلْ dibacanya 'Yaa Zaiduu jal' bukan 'Yaa zaiduy jal'. Trik ini, berlaku pula ketika fiil mu'tall fa dimasukkan pada wazan tsulatsi maziid.
Saya contohkan dua fiil; وَعَدَ يَعِدُ yang dimasukkan pada wazan أَفْعَلَ يُفْعِلُ. 
Kita asalkan terlebih dahulu:
 Saya doakan semoga sehat selalu dan diliputi curahan rahmat dan ampunan Allan SWT 5 Cara Termudah Menguasai Bina Mitsal (Mu'tal Fa) | Shorof Praktis
Yang berwarna merah artinya huruf ‘illat berada setelah harkat yang sangat tidak ‘ideal’ dan harus disesuaikan agar ‘ideal’ (setelah kasrah menjadi ya, setelah dlommah menjadi wawu). Menjadi:
 Saya doakan semoga sehat selalu dan diliputi curahan rahmat dan ampunan Allan SWT 5 Cara Termudah Menguasai Bina Mitsal (Mu'tal Fa) | Shorof Praktis
Demikianlah trik ini pun berlaku untuk wazan tsulatsiy mazid yang lain. 
TAMBAHAN:
- Jika fiil mu’tal fa masuk pada wazan اِفْتَعَلَ, maka hruf ‘illat dirubah menjadi ta lalu diidghomkan (disatukan). Seperti: اِوْتَحَدَ asal tsulatsi mujarrodnya وَحَدَ menjadi: اِتَّحَدَ. Untuk lebih mengetahui lebih jauh tentang wazan اِفْتَعَلَ silakan membuka Pernik-Pernik Wazan Tsulatsiy Maziid Fiih.
Untuk mengembangkan pemahaman dan sebagai latihan, silakan masukkan fi’il berikut ke wazan أَفْعَلَ، فَعَّلَ، فَاعَلَ، اِنْفَعَلَ، اِفْتَعَلَ، تَفَعَّلَ، تَفَاعَلَ dan اِسْتَفْعَلَ!
- وَجَبَ -ِ (يَفْعِلُ)
- وَثِقَ -ِ 
- وَضَعَ يَضَعُ
- يَفَعَ -َ (يَفْعَلُ)
- يَمُنَ -ُ (يَفْعُلُ)

Saya rasa cukup sekian pembahasan tentang cara mudah menguasai fiil mu’tall fa. Semoga bermanfaat. Mohon maaf atas segala kekurangannya. Jika pembaca merasa butuh untuk berkomentar, apalagi sebagai saran dan diskusi, saya akan senang hati membaca dan semoga bisa menanggapinya. 

Terima kasih atas kunjungan Anda. Semoga hari-hari anda penuh dengan keceriaan
Wassalamu’alaikum wr. wb.

Terdapat 0 comments


Silahkan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post